You are here
Home > Ilmu Kejawen > Mempelajari Ilmu Gaib

Mempelajari Ilmu Gaib

Mempelajari Ilmu Gaib

Mempelajari Ilmu Gaib – Langkah awal dalam Mempelajari Ilmu Gaib adalah dengan menjalankan beberapa tirakat terlebih dahulu, seperti Puasa dan Bertapa. Tujuannya untuk dapat meningkatkan keberhasilan dalam mempelajari ilmu ghaib.

Mempelajari Ilmu Gaib khususnya yang bersifat magis, orang yang bersangkutan harus “Nglakoni” atau menjalankan tarak brata (berpuasa), atau harus bertapa. Perlu diketahui bahwa ”Kesaktian” orang-orang “zaman dulu” tidaklah didapat dengan begitu saja, tetapi mereka-mereka itu mendapatkannya dengan jalan yang cukup panjang. Sebagai contoh, Nabi Muhammad pun sebelum menerima wahyu juga bertapa di suatu Gua, demikian juga halnya dengan para Wali/ para Sunan, seperti: Sunan Bonang, Sunan Giri, Sunan Kalijogo dan lain sebagainya, kesaktian yang didapat dari para wali yaitu dengan menjalani tirakat dan bertapa serta selalu meminta petunjuk dari Tuhan.



Untuk Jenis tirakat bertapa ini beragam jenisnya, dimana ada orang yang bertapa di Gua, ada yang bertapa merendam diri di air sungai, ada yang bertapa ngluweng (bertapa di lubang tanah). Orang bertapa biasanya tidak makan tidak minum, bahkan ada yang tidak tidur. Ada lagi orang yang bertapa dengan jalan tidur selama berbulan-bulan tanpa makan dan minum.

Selain bertapa, seseorang yang sedang atau akan mempelajari ilmu gaib maka hukumnya wajib untuk berpuasa, jenis puasa pun sangat beragam jenisnya, sesuai dengan keilmuan yang sedang dipelajari. Berpuasa disini tidak hanya sekedar tidak makan dan tidak minum selama waktu yang telah ditetapkan. Tetapi berpuasa haruslah dari lahir sampai batinnya.

Jadi lahirnya kita berpuasa batinnya pun juga harus mengimbanginya, agar keduanya seimbang dan puasa kita jadi sempurna.

Tidak ada gunanya Anda berpuasa sampai tujuh hari tujuh malam, atau empat puluh hari empat puluh malam tanpa makan dan minum, tetapi batin Anda penuh dengan segala hawa nafsu, penuh dengan dendam dan kebencian.

Bila Anda berpuasa, maka pikiran dan batin Anda haruslah bersih dan suci, sopan dan menghormati sesama, tanpa rasa dendam dan kebencian. Sekaligus kita tidak boleh sombong, tidak boleh munafik dan tidak boleh fanatik. Selain itu Anda wajib melakukan hal-hal kebaikan seperti harus suka menolong terhadap siapa saja yang memerlukannya, membantu sesama sesuai dengan kemampuan Anda.



Memang berpuasa itu cukup berat, apalagi bertapa, banyak sekali godaan-godaannya. Tetapi Anda harus tabah dialam menjalani semua rangkaian dalam mempelajari ilmu gaib ini. Karena kunci keberhasilan adalah kesungguhan dibarengi dengan niat sungguh sunggu. Hanya dengan ketabahan serta penuh kesungguhanlah Anda akan berhasil dalam menjalani semuanya. Setalh Anda menjalani semuanya, alangkah baiknya semua pasrahkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Hanya Tuhan lah yang maha kaya.

Ada beberapa orang yang gagal dalam mempelajari ilmu magis sampai menjadi “gila”. Karena ilmu ghaib ini memang cukup berat menjalaninya dan tidak mudah. Jadi sebelum Anda mempelajari ilmu gaib dalam bentuk apapun Anda harus terlebih dahulu membersihkan diri, mencari Guru Spiritual yang benar-benar ahli dalam bidang supranatural.

Berikut adalah beberapa laku puasa yang paling cocok untuk membersihkan diri, baik jasmani maupun batiin. Dengan berpuasa pula batin kita akan menjadi bersih, dan meresa tenang.

Pengertian Puasa

Puasa itu sendiri tidak makan tidak minum dan menutup segala perbuatan-perbuatan yang tidak baik, serta menjaga hawa nafsu. Berikut macam puasa:

  1. Puasa Ngrowot: Puasa ini Hanya boleh makan dari makanan jenis ketela atau sayuran.
  2. Puasa Mutih: adalah berprihatin dengan hanya makan nasi putih dan minum air putih saja, tanpa gula dan garam (tanpa rasa).
  3. Puasa Ngebleng: Tidak keluar dari kamar selama berprihatin, tidak makan dan tidak minum.
  4. Puasa Pati Geni: Tidak makan tidak minum dan tidak tidur, harus di kamar gelap selama berprihatin.
  5. Puasa Ngalong: Hanya boleh makan dari jenis buah-buahan saja (seperti kalong).
  6. Puasa Ngidang: Hanya boleh makan daun-daun dengan tanpan diikat. Pengambilan makanan dengan mulut.
  7. Puasa Nglowong: Salah satu prihatin tidak boleh makan dan tidak boleh minum, serta tidak boleh tidur, tetapi  boleh berada di luar rumah.
  8. Puasa Ngepel: Salah satu cara berprihatin yang cara makannya serba di kapal.
  9. Puasa Mendem (ngluweng):  Bertapa di dalam lubang  (tanah yang digali) tidak makan dan tidak minum.
  10. Puasa Ngasrep: Hanya boleh makan makanan yang dingin dan minuman yang dingin, tanpa bumbu atau rempah-rempah.


Kewajiban dan Larangan Saat Mempelajari Ilmu Ghaib

  1. Mulai dalam menjalani latihan ilmu-ilmu ghaib dan seterusnya, kita wajib beribadah sesuai dengan kepercayaan yang kita anut.
  2. Selalu ingat akan Kebesaran dan Kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa Pencipta alam. semesta ini. Dan ingat akan segala AnugerahNya yang dilimpahkan kepada kita semua. Maka kita harus bersujud menyembah Tuhan dengan segala kejernihan hati kita.
  3. Dan kita harus selalu ingat; bahwa kita di dunia ini tidak kekal, suatu ketika badan kita akan hancur sedang jiwa kita meneruskan perjalanan ke alam lain {alam ghaib atau alam baka). Supaya tempat kita kelak di alam baka layak dan baik. Kita tidak boleh selalu menuruti hawa nafsu duniawi saja. Karena nafsu adalah penghambat jalan menuju Surga.
  4. Kita wajib selalu mencari teman dan mempererat persaudaraan.
  5. Jangan sekali-kali membunuh orang, dan jangan pula memfitnahnya, serta jangan memaksakan/ memperkosa orang.
  6. Menipu berbuat curang , mencuri, berjinah, pelit/ kikir adalah juga pantangan besar bagi Anda.
  7. Hargailah Hak asasi orang lain dan hormatilah mereka.
  8. Bersikap solider (teposeliro) pada sesama itu penting.
  9. Kita harus selalu mawas diri dalam segala tindak kita benar atau salahkah perbuatan kita.
  10. Lebih baik diam dari pada kita bicara yang tidak ada gunanya.

Apabila Anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan bagikan ke teman media sosial Anda. Terimakasih dan salam berkah.

Incoming search terms:

  • belajar ilmu kejawen tanpa guru
  • daya pramana 2018
  • apakah mempelajari ilmu spritual diwajibkan
  • langka belajar ilmu sprinatural
  • ilmu gaib untuk di minum
  • ilmu gaib selain puasa
  • ilmu gaib Padat pati
  • ilmu gaib langka
  • Cara mempelajari ilmu kasucen jolo tundo
  • cara mempelajari ilmu ghaib
  • Cara bertapa ngluweng
  • Cara bertapa ilmu alam
  • cara belajar ilmu gaib tanpa guru 2018
  • belajar ilmu kebatinan tanpa guru
  • belajar ilmu gaib tanpa puasa
  • belajar ilmu gaib dari alam
  • mendapatkan ilmu gaib dengan puasa
Silahkan dibagikan:
Top
Bagikan